Tafsir Ath-Thabari
Jami-ul Bayan Fi Tawili Aayatil Qur’an
Penulis : Abu Ja'far Muhammad bin Jarir Ath-Thabari

 Tahqiq dan Takhrij : Ahmad Abdurraziq Al Bakri,
 Muhammad Adil Muhammad,
Muhammad Abdul Lathif Khalaf,
Mahmud Mursi Abdul Hamid

Ini adalah salah satu kitab tafsir yang menjadi rujukan para penuntut ilmu al-Quran.
 Imam Muhammad bin Jarir At Thabari dilahirkan pada tahun 224 hijriyyah di daerah yang disebut Thabaristan, wafat pada tahun 310 hijriah diusia 86 tahun.

Tafsir Ath-Thabari yang aslinya berjudul "Jami al-Bayan fi Tawil al-Qur’an" adalah sebuah Tafsir Al-Qur'an yang disusun oleh Imam Abu Jafar Muhammad bin Jarir ath-Thabari. Namun lebih dikenal sebagai Tafsir Tabari saja.

 Kitab ini dijuluki sebagai kitab terlengkap dan teragung yang menafsirkan Al Qur'an karena metode penyusunan yang bagus dan wujudnya yang sangat tebal dan berjilid-jilid, yakni diketahui sekitar 26 Jilid.

Komentar para Ulama mengenai kitab Tafsir ini
Imam as-Suyuthi berkata, “Jika anda bertanya, kitab tafsir mana yang dapat dijadikan sebagai rujukan?”Maka aku jawab, “Yaitu tafsir Ibnu Jarir ath-Thabari, di mana para Imam yang amat kompeten bersepakat bahawa belum ada kitab tafsir yang menyerupainya.”

Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah mengatakan, “Adapun kitab-kitab tafsir yang beredar di tangan orang yang paling benar adalah karya Ibnu Jarir ath-Thabari. Dia menyebutkan perkataan-perkatan para salaf dengan sanad-sanad yang kuat, tidak ada bid’ah di dalamnya dan tidak meriwayatkan hadis dari orang-orang yang diragukan seperti Mukatil B. Sulaiman dan al-Kalbi.”

Al-Hafiz Ibnu Katsir adalah tokoh dalam bidang tafsir yang telah mengambil banyak manfaat dari Tafsir ath-Thabari ini sekaligus menghasilkan ringkasan dan menambahkan banyak manfaat berkaitan dangan hadis, fiqh, ushul, sejarah, dan beberapa yang lainnya yang bermanfaat yang kemudian dikenali sebagai Tafsir Ibnu Katsir.

Imam adz-Dzahabi berkata, “Inilah tafsir seorang Imam dalam ayat-ayat yang berbicara tentang sifat-sifat Allah yang dipenuhi dengan perkataan para Salaf yang menetapkannya bukan yang menafikannya, dan tidak mentakwilkannya dan Dia (Allah) tidak menyerupai makhluk selama-lamanya.”


Silahkan Download Kitabnya di bawah ini:


39.9M
42.5M
49.3M
44.8M
45.0M
42.5M
39.5M
38.6M
40.0M
39.0M
40.0M
40.5M
40.4M
40.2M
39.6M
44.7M
47.0M
44.8M
44.8M
43.6M
44.8M
45.4M
25.8M
25.1M
49.1M
25.8M




You may also be interested in the following product(s)

If you enjoyed this article, subscribe to receive more great content just like it. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response