Kitab

 Qowaidul I'lal


Karya: Kyai Mundzir Nadzir
Shorof merupakan salah satu ilmu bahasa Arab  yang penting untuk dipelajari selain Nahwu. Seperti yang sering kita dengar bahwa ilmu Nahwu itu Bapaknya bahasa Arab maka Shorof itu adalah Ibunya.
Salah satu bagian ilmu Shorof yang terpenting adalah I'lal yakni perubahan-perubahan yang terjadi dalam suatu kata karena suatu kondisi yang  tertentu.
Salah satu kitab I'lal yang terpenting adalah kitab Qowaidaul I'lal karya salah seorang ulama Indonesia yang terkenal yaitu Kyai. Mundzir Nadzir.
Kitab ini memuat 19 Kaidah i'lal yang terpenting dan sebaiknya diketahui oleh orang yang mempelajari bahasa Arab dan satu peringatan tentang kaidah yang pertama.
Untuk memudahkan hapalan dan mempelajari kaidah-kaidah ini, saya menghadirkan kitab ini dengan bahasa jawa Semoga amal yang kecil ini dapat bermanfaat. Silahkan diunduh dengan mengklik dibawah ini…




You may also be interested in the following product(s)

If you enjoyed this article, subscribe to receive more great content just like it. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response