نور الظلام شرح منظومة عقيدة العوام 
KITAB
Nurudh Dholam
(dengan makna ala Pesantren)



Karya: Syaikh Muhammad Nawawi Asy-Syafi’i (Al-Bantani Al-Jawi)

Kitab penting “Aqiidaatul Awaam”, matan Ilmu Tauhid buah karya Syaikh Ahmad Marzuqi yang disusun dan biasa disampaikan dalam bentuk Syair, telah disyarah oleh Syaikh Muhammad Nawawi Asy-Syafi’i (Al-Bantani Al-Jawi) dengan judul “Nurudh Dholam”. Disajikan dengan penjelasan serta faidah tiap baitnya melalui bahasa yang indah dan lugas sehingga mudah dipahami. Beliau Syaikh Nawawi yang digelari Sayyid Ulama Hijaz ini, berusaha mengasah jiwa spiritual kaum muslimin dengan memaparkan siapa yang wajib kita imani, dan membangun kembali nilai-nilai keimanan kaum muslimin yang mulai pudar serta menangkal kekuatiran di atas.
Mempelajari dan paham terhadap ilmu tauhid sendiri, berhukum fardhu ‘ain kepada setiap kaum muslimin mukallaf sepanjang akalnya mampu. Mempunyai keyakinan dengan mengemukakan dalil2nya secara ijmali (Garis Besar) maupun tafsili (Terperinci). Berdasar hukum aqli maupun naqli. Dapat memiliki iman secara ma’rifat atau tidak sekedar hanya taklid saja. Kaum muslimin yang taqlid dalam tauhid, imannya sangat disangsikan. Hal ini bisa terjadi, karena iman taqlid senantiasa dihinggapi keragu-raguan, goyah tidak kokoh. Akibatnya, semua peribadahan menjadi sia-sia. Kata qoidah ; “Wa Kullu Man Qolaada Fie Tauhiedi, Imanuhu Lam Yahtali Tardidi”. Firman Alloh SWT ; “Yaa Ayyuhannasu A’buduu Robbakumul ladzie Kholaqokum..”. (Q. S.2 ; A.21).

Awwalu wajibin ‘alal insaani ma’rifatulloohi bis tiqooni ; yang pertama kali wajib kepada manusia adalah ma’rifat kepada Alloh SWT dengan sebenar-benarnya (Zubad, Ibnu Ruslan).
Silahkan download kitab ini yang sudah dilengkapi dengan makna pesantren. Semoga bermanfaat. Amiin.

You may also be interested in the following product(s)

If you enjoyed this article, subscribe to receive more great content just like it. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response